14 Menpan Lihat Ledakan Bom di Pospol Sarinah via TV BanyuwangiTribratanewsJatim.com: Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Yuddy Chrisnandi sempat tertegun saat melihat tayangan televisi di depan ruang layanan SIM Polres Banyuwangi yang menyiarkan tentang peristiwa ledakkan bom di depan Pos Polisi Sarinah Jakarta, Kamis (14/1/2016).

Setelah itu Menpan melanjutkan peninjauan fasilitas layanan SIM di bagian dalam. Dan sempat kagum melihat fasilitas layanan serba elektronik yang dimiliki Polres Banyuwangi. Diharapkan,  layanan di Pulau Jawa paling timur ini bisa menjadi contoh bagi jajaran Polres lain di Indonesia.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Mentan RB melakukan kunjungan kerja (kunker) di Polres Banyuwangi. Chrisnandi meminta aparat Kepolisian Resort Banyuwangi – Polda Jawa Timur meningkatkan pengamanan di wilayah penyeberangan Ketapang.

Pemeriksaan terhadap penumpang maupun kendaraan yang melintas supaya ditingkatkan guna mencegah gangguan keamanan di Pulau Dewata.

“Banyuwangi merupakan wilayah strategis menuju Bali yang menjadi pusat pariwisata dunia. Sebagai miniatur Indonesia gangguan keamanan di Bali harus dicegah,” ujarnya saat memberikan arahan pada para Kapolsek serta pejabat utama Polres Banyuwangi, di Ruang Rupatama, Kamis (14/1/2016)  siang.

Peningkatan pengawasan itu tidak bersifat represive, melainkan pencegahan. Karena sikap yang represive justru memicu kebencian warga kepada aparat. Sejauh ini pengawasan dari Bali menuju Jawa tidak ada masalah.

“Keberhasilan kamtibmas jika masyakarat mau dilibatkan. Keterlibatan warga itu menjadi bukti cinta masyarakat kepada aparat,” lanjutnya. (bwi/mbah heru)

 Foto: Kunker Menpan RB di Polres Banyuwangi