Solar (1)
Barang Bukti yang Digunakan Tersangka Dalam Melakukan Aksi Kejahatanya
Tersangka Penipuan Penggelapan saat Di jRealese ldi Depan Gedung Satreskrim Polrestabes Surabaya
Tersangka Penipuan Penggelapan saat Di jRealese ldi Depan Gedung Satreskrim Polrestabes Surabaya

Surabayaraya 15/1/2016 : Berpura- pura menjadi pemasok solar, Sepasang suami istri dikeler unit Resmob Polrestabes Surabaya.

Korban Joko Budianto (39) warga Jalan Kapas Baru Surabaya melaporkan pasangan suami istri ANT dan TGH warga Kec Mragen Kab. Demak gara- gara telah ditipu oleh tersangka.

Pada Awalnya Korban yang berprofesi sebagai ABK Kapal kenal dengan seseorang bernama Eko dan ingin memesan solar sebanyak 10 ton, kemudian eko mengenalkan joko kepada tersangka Ant. tanpa melakukan pertemuan, Joko memesan solar melalui telephone dan tersangkapun menyanggupinya.

Dengan syarat awal pada saat berhubungan lewat telephone, untuk segera mentransferkan awal uang sebesar Rp 49.000.000,00 ke rekening tersangka. Korbanpun  mentransfer sejumlah uang yang telah diminta oleh tersangka tersebut (Pada tanggal 11 Jan 2016).

Tidak menunggu beberapa hari, dan bisa dengan hitungan jam saja, tersangka tidak malah mengirimkan barang yang telah dipesan oleh korban melainkan uang hasil transferan korban digunakan untuk membeli sebuah mobil, karena tersangka provensinya sebagai jual beli mobil bekas.

Setelah ditranfer oleh pak joko dari bangkalan, uangnya saya belikan satu buah mobil yang niat saya untuk saya jual kembali.” Aku Tersangka Ant.

Tersangka Ant ini untuk melancarkan aksi kejahatanya melakukan pemalsuan dokumen identitas (KTP) yang dibantu oleh suaminya TGH, dengan maksud setelah korban berhasil ditipu, kedua tersangka tidak dapt terlacak keberadaanya.

Dengan adanya laporan dari korban, petugas kami kemudian melakukan penyelidikan dan akhirnya menemukan tersangka pasangan suami istri ini dirumahnya.Hasil Penipuan para tersangka ini digunakan untuk membeli mobil bekas, karena para tersangka memang profesinya sebagai jual beli mobil bekas.”Ungkap Kasubbag Humas Polrestabes Surabaya Kompol Lily Djafar.

Barang bukti yang diamankan dari kedua tersangka pasangan suami istri ini diantaranya 5 Buah KTP Palsu, 1 Buku Tabungan Bank BRI, 1 Lembar STNK mobil, 1 Lembar STNK sepeda motor, 6 uah Kartu ATM bank Mandiri, 2 Buah Kartu ATM Bank BNI, 1 Buah Kartu Bank BRI, 9 Buah HP Merk Samsung, 2 Buah HP merk nokia, 1 Buah HP merk Advan, 1 Buah HP merk Blackberry, 1 Buah HP merk Cross dan uang tunai Rp 16.100.000 serta pasal yang dikenakan sebagaimana dimaksud dalam pasal 378 KUHP dan atu 372 KUHP tentang penipuan dan atau penggelapan, dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.***Ars

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here