10 pesawat jatuh 1TribratanewsJatim.com: Jenazah Pilot Pesawat Super Tucano TT-3108 milik TNI AU buatan Brazil yang jatuh menimpa rumah warga di kawasan Jalan LA Sucipto, Blimbing, Malang, Jawa Timur, ditemukan di tengah sawah, daerah Tunjungsekar, Kabupaten Malang. Jarak lokasi penemuan jenazah yang sekitar 3 hingga 4 kilometer dari lokasi pesawat jatuh.

Jenazah Pilot Mayor PNB Ifi Safatilah ditemukan pertama kali oleh Kapolsek Singosari Polres Kota Malang, Jawa Timur, Komisaris Polisi Ariek Indra Sentanu di tengah sawah daerah Tunjungsekar, Kabupaten Malang. Jarak lokasi penemuan jenazah yang sekitar 3 -4 kilometer dari lokasi pesawat jatuh.

Pesawat latih jenis Tucano milik TNI Angkatan Udara ini jatuh di Malang, Jawa Timur. Pesawat jatuh sekitar pukul 10.42 WIB, Rabu (10/2/2016). Pesawat diterbangkan Pilot Mayor PNB Ifi Safatilah dan didampingi Co Pilot Saiful.

Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Abdulrachman Saleh, Mayor Sus Hamdi Londong Allo mengatakan, pilot merupakan satu dari tiga yang meninggal dalam kejadian tersebut. Dua lainnya merupakan warga sipil. Yaitu Erna, pemilik rumah beserta Nurcholis yang ngekos di rumah tersebut. “Sementara Co Pilot masih dalam pencarian,” kata Mayor Sus Hamdi Londong Allo.

10 pesawat jatuhSementara itu, jenazah Erna dan Nurcholis dibawa ke Rumah Sakit Saiful Anwar Kota Malang, Jawa Timur. Petugas juga tengah mengevakuasi bangkai pesawat dari lokasi kejadian.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebelum jatuh, posisi pesawat berputar putar lalu menukek jatuh di perkampungan padat penduduk yang ada di Jalan LA Sucipto, Blimbing Malang.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes RP Argo Yuwono mengatakan, saat ini tim gabungan Polri dan TNI tengah melakukan evakuasi pesawat Tucano TNI Angkatan Udara yang jatuh itu.

Hingga kini belum bisa dipastikan mengenai detail insiden tersebut termasuk kondisi pesawat maupun kerusakan dan korban yang ditimbulkan.  “Sedang dilaksanakan evakuasi. Data lengkap sedang dihimpun,” kata Kabid Humas Polda Jatim. (mbah heru)