IMG_20160413_143417Surabayaraya 13/04/16 : Geliat Polrestabes Surabaya dalam menjaga dan mengembangkan Lingkungan Kerja yang sekaligus menjadi Ikon Kunjungan Wisata Sejarah di Kota Surabaya yakni Museum Hidup Hoofdbureau yang juga merupakan Kantor Pusat Kepolisian Resort Kota Besar Surabaya ini semakin hari semakin ditingkatkan.

Gedung yang sudah berdiri sejak jaman pemerintahan kolonial Belanda ini hingga kini masih terjaga dan dirawat dengan baik oleh seluruh anggota yang masih bertugas di Kesatuan Polrestabes Surabaya ini. Tidak heran jika hampir setiap hari Mapolrestabes Surabaya ini menerima kunjungan Study Tour dari berbagai Sekolah baik dari tingkat TK (taman kanak-kanak) hingga Perguruan Tinggi dari berbagai Univertitas dari dalam maupun luar Kota Surabaya.

Seperti yang dilaksanakan oleh TK Tamansari Kepanjen Surabaya. Sebanyak 30 Siswa TK didampingi Wali Kelas dan Wali Murid pada sekitar pukul 08.00 Wib sudah datang ke Mapolrestabes Surabaya untuk melakukan Kunjungan Wisata Sejarah ke Museum Hidup Hoofdbureau Polrestabes Surabaya.

Ada yang berbeda dengan Kunjungan Wisata Sejarah pada hari ini, setelah para siswa puas melihat peninggalan-peninggalan sejarah perjuangan Polri yang disimpan rapi dalam museum hidup. Para siswa kemudian diarahkan ke belakang Halaman Mapolrestabes Surabaya.

Bertempat di samping Barak Adem Sabhara, terdapat Kennel / Kandang Unit Satwa K-9 Sabhara yang tersimpan sekitar 8 Ekor Anjing Multitalent yang dimiliki oleh Satuan yang menjadi tulang punggung Polrestabes Surabaya ini.

IMG_20160413_143500Didampingi Brigadir Gusde dan Brigadir Stevanus para siswa TK diperkenalkan dengan 2 Unit Satwa K9 yang memiliki Kemampuan mengendus Bahan Peledak/ Bom dan Lacak Narkoba. Anjing berkemampuan khusus ini diberi nama Chaca dan Bold. Keduanya merupakan Anjing yang Pintar dan Jinak karena dilatih oleh seorang Profesional.

Kesempatan ini tentunya dimanfaatkan betul oleh para Siswa dan Guru serta Wali Murid TK Tamansari Kepanjen Surabaya. ” Kebetulan hari ini tidak ada pengamanan di luar, makanya kami bisa hadirkan Anjing Kebanggaan Polrestabes Surabaya kepada para Pengunjung Museum yang hadir pada hari ini”, tutur Brigadir Gusde kepada Surabayaraya.com.

” Jika ada pengamanan di luar maka Pawang dan Anjing dari Unit Satwa K-9 selalu melekat dengan Peleton Dalmas Polrestabes Surabaya”, tambahnya. Selain memiliki kemampuan pelacakan Bahan Peledak dan Narkoba, Unit K9 juga bisa dipergunakan untuk pelacakan pelaku kejahatan dan sebagai Anjing yang memiliki kemampuan Tangkal Cegah untuk membubarkan massa apabila dibutuhkan.

Melalui perkenalan para murid TK dengan Unit Satwa ini, juga mengajarkan kepada para siswa bahwa seekor anjing saja jika dilatih dan belajar setiap hari mampu memiliki kemampuan khusus.  Apalagi kita sebagai manusia yang diberikan akal pikiran, sudah barang tentu jika dilatih setiap hari akan pintar dan pandai dalam melakukan segala hal.

Pengetahuan tentang Sejarah Polisi sudah, Arsitektur Gedung Bangunan Belanda sudah, Pengetahuan tentang Kepolisian sudah, ditambah lagi dengan berinteraksi langsung dengan Unit Satwa yang dimiliki Oleh Kesatuan yang Besar dengan Sebutan Hoofdbureau di Kota Surabaya ini menjadi pengalaman tersendiri bagi para Siswa, Guru dan Wali Murid dari TK Tamansari Kepanjen Surabaya kali ini.***day

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here