IMG_5709Surabayaraya 18/4/16: Polrestabes Surabaya melaksanakan kegiatan tes urine secara tiba-tiba kepada 50 anggota kepolisian, yang terdiri dari 30 pejabat utama dan 20 anggota yang dipilih secara acak.

Kasubag Humas Polrestabes Surabaya, Kompol Lili Djafar menjelaskan, tes urin ini dilakukan sebagai upaya untuk mengetahui ada tidaknya narkoba, khususnya dari dalam instansi kepolisian. Sekaligus sebagai bentuk pelaksanaan Operasi Bersinar dalam rangka pemberantasan barang haram ini.

“Kita melaksanakan tes urin khusus untuk para pejabat utama, yaitu mulai dari Kapolres, Wakapolres, Kabag, Kasat, semua Kasi. Pejabat pejabat utama yang ada di sini seluruhnya dites urin,” ujar Kompol Lili, Senin (18/4/2016).

Seminggu sebelumnya, para Kapolsek jajaran juga telah menjalai tes urin, dan hasilnya negatif. Begitu juga dengan hari ini, setelah melaksanakan apel pasukan setiap senin pagi, sebanyak 50 personil polri mendapatkan giliran tes urin tersebut. Kompol Lili mengatakan, sampai saat ini tidak ada anggota yang terbukti mengkonsumsi narkoba.

“Dan hasilnya Alhamdulillah semua negatif, tidak terindikasi atau tidak ada yang positif narkoba,” imbuhnya.

Pelaksanaan Operasi Bersinar dalam rangka pemberantasan narkoba ini, tidak hanya dilakukan aparat kepolisian melalui razia atau penangkapan terhadap para pengedar. Kompol Lili menjelaskan, pihaknya juga berupaya untuk memberantas dari dalam atau penegak hukumnya dulu.

“Jadi kita gak mau pengumuman dulu ‘besok tes urin’ tidak. Kita pas waktu apel diambil berapa anggota, langsung dibawa ke Urkes, urusan kesehatan, langsung dites urin sama dokter,” imbuhnya. ***chm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here