Warga Kawanua di Jakarta dan sekitarnya maupun di Minahasa sulut dan di seluruh dunia patutlah bersyukur bahwasanya Arrnoldus Isaac Zacharias Mononutu, terpilih sebagai salah satu Anak Bangsa terbaikIndonesia untuk menerima Gelar PAHLAWAN NASIONAL Republik Indonesia, dari Presiden Joko Widodo.
Beliau berasal dari Kumelembuai (Minut), adalah mantan Menteri Penerangan dan Duta Besar Indonesia pertama untuk Tiongkok.

Juga sebagai Tokoh Senior Kawanua yang berjuang dalam Kemerdekaan Republik Indonesia, sekaligus mempertahankan nya.

Saat2 menjelang Penyerahan Kedaulatan RI pada December 1949 Beliau selalu mengkoordinir dan memberi nasehat kepada Pejuang2 Kawanua pada umumnya dan secara khusus pada elite Kawanua saat itu (1949-1951) yang tergabung dalam Kelompok Jalan Kalasan.
Tempat di Jalan Kalasan Menteng (dekat Jalan Proklamasi) adalah Rumah dari PET TANGKILISAN (Ketua Tata Usaha Kementerian Pertahanan RIS), dimana ARNOLD MONONUTU pernah tinggal bersama beberapa saat dan sekaligus menjadi rumah singgah serta Tempat Markas dari Pejuang2 Kawanua al J.F. WAROUW, ALEX KAWILARANG dll guna mengadakan Rapat2 sampai larut malam mengatur strategi berjuang mempertahankan Kemerdekaan Indonesia, sekaligus mengatur membantu orang2 Kawanua saat itu di Jakarta untuk mendapatkan Pekerjaan2 baik di Instansi Pemerintah maupun swasta.

Pahlawan Arnold Mononutu bersama Pet Tangkilisan dan beberapa Orang Kawanua lainnya juga pernah menjadi Anggota Konstituante.

Kiranya ketokohan ARNOLD MONONUTU dan kisah faktual diatas dapat selalu memberikan INSPIRASI mengenai PERSATUAN dan saling membantu dari dan untuk Orang2 Kawanua dan Indonesia pada umumnya, saat dahulu, sekarang dan seterusnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here