Sutan Sjahrir atau yang juga dikenal dengan sebutan Bung Kecil ini juga merupakan salah satu pendiri Republik ini. Ia lahir di Padang Panjang, Sumatera Barat, pada 5 Maret 1909. Ia juga merupakan Perdana Menteri pertama di Indonesia termuda, yakni saat ia berusia 36 tahun. Sjahrir sudah mulai perjuangannya sejak usia belia. Dirinya sempat membuka sekolah untuk masyarakat kecil. Dirinya pun sering mengikuti diskusi dengan berbagai organisasi.

Bahkan Sutan Sjahrir pernah bertemu dengan Bung Karno, dan mendapat kepercayaan untuk mengurus organisasi pemuda PNI, Jong Indonesien, yang lalu berganti nama menjadi Pemuda Indonesia.

Setelah lulus dari AMS tahun 1929, Sutan Sjahrir melanjutkan studinya ke luar negeri, tepatnya di Fakultas Hukum Universiteit van Amsterdam. Pada awal kuliahnya Sjahrir aktif mengikuti sebuah klub studi yang bernama Sociaal Democratische Studenten Club.

Di sinilah awal mula Sutan Sjahrir membedah secara mendalam gagasan-gagasan perpolitikan kelas dunia. Seperti Karl Marx, Otto Beur, Friedrich Engelsh. Sampai pada akhirnya karena masalah keuangan Sjahrir terpaksa harus pindah kuliah ke Universitas Leiden dan bekerja di sebuah perusahaan transportasi. Disini Sjahrir bisa melihat ketidakadilan bagi kaum pekerja, sehingga membuat pemikiran Sutan Sjahrir mulai terarah ke gagasan Sosial Demokrat.

Sebagaimana juga Bung Hatta, Sjahrir pun bergabung di Perhimpunan Indonesia (PI), dirinya sempat menjadi sekertaris Bung Hatta. Keduanya walaupun berbeda umur yang cukup jauh, tetap beradu gagasan untuk kemerdekaan Indonesia. Namun karena perpecahan di dalam tubuh internal PI, yang mana salah satu kubu mendukung gagasan Komunis, sedangkan Bung Hatta dan dirinya mendukung Sosialis dan Nasionalis, keduanya akhirnya didepak dari PI.

Pada tahun 1931 Sutan Sjahrir pun kembali ke tanah air dan meninggalkan studinya. Sekembalinya ke Indonesia dirinya pun mengumpulkan beberapa orang dan kemudian membentuk PNI-Baru.

Dikutip dari berbagai sumber bacaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here