Larut malam kemarin, saya sedikit terganggu bunyi pesan di inbox dari kawan nun jauh di sana. Salah sendiri sich, lupa matiin HP. Begini isi SMS-nya:

“Bro, kenapa kepulangan HRS tepat pada Hari Pahlawan, 10 November, dan pas pula dengan kemenangan Biden meski belum secara resmi?”

Biyuh! Dipikir dukun ‘ta? Malam – malam lagi. Aku lanjut menarik selimut. HP kumatikan. Lalok. Nah, besok paginya sembari ngupi-ngupi kecil kujawab SMS-nya secara singkat: “Yah, kebetulan kali ..”

“Haaiii? Lautan penjemput segitu banyaknya, mosok kebetulan? Tidak ada kebetulan di muka bumi, bro! Sedang selembar daun jatuh pun sudah tertulis di sana!” Kata kawan nun jauh di sana.

Busyet dech! Pagi-pagi sudah diceramahin ..

Dia SMS lagi, “Dari perspektif geopolitik, gimana? Dari sisi intelijen, seperti apa? Terus, kira-kira apa kelanjutan episode usai ketibaan HRS di tanah air?”

Biyuh, biyuuuh! Mateng aku, rek! Cerewetnya minta ampun ..

“Begini, bro!” Jawabku via SMS, “Masalah kedatangan HRS, atau soal kekalahan Trump dll tak perlu dikaji dari perspektif intelijen atau geopolitik. Ngawang. Gak nginjak bumi, sebab datanya berada di dark web. Dikira teori konspirasi. Ngaji aja ya? Lebih simpel, tetapi mengena”.

“Ngaji? Lewat pengajian, maksudnya? Boleh, boleh ..” Ia agak ragu tampaknya.

Kali ini SMS-nya kurespon cepat, “Lupa kamu ya? Seandainya tujuh lautan dijadikan tinta, tidak bakal habis menulis tafsir dan makna kehidupan ..” Saya mengutip hadist.

Agak jeda sejenak. Mungkin dia lagi mikir. Entah mikir apa.

“Gitu ya?” Ia SMS lagi, “Tolong sampeyan njlentreh ya. Ojo dowo – dowo. Singkat aja. Biar gak penasaran atas rentetan peristiwa pada 10 November tahun ini baik di tingkat lokal maupun global. Kok dahsyat gitu!”

Oke, aku pun mulai mengetik di inbox menjawab pertanyaan kawan.

Begini. 10 November itu tanggal dalam hitungan Masehi, namun secara Hijriyah jatuhnya 24 Rabiul Awal. Ingat ya, bulan Rabiul Awal. Dan bulan itu, wong Jowo biasa menyebut sebagai bulan Mulud atau istilahnya Mulud’an. Lantas, ada apa dengan Rabiul Awal atau bulan Mulud?

Dalam Islam, Rabiul Awal itu bulan kelahiran nabi. Nabi Muhamad SAW lahir pada bulan itu, lalu dalam sejarah diberi tanda “Tahun Gajah”. Mengapa? Sebab kala itu, kelahiran Rasul bersamaan ada serangan tentara gajah pimpinan Abrahah ke Mekkah.

Secara filosofi, di bulan itu ada suatu peristiwa (besar) atau semacam pergantian masa, serta diberi “tanda” murkanya Tuhan kepada manusia. Nah, tanda itu berupa penyakit, misalnya, atau wabah dst. Makanya, dalam kepercayaan (leluhur) Jawa dulu, jika muncul wabah alias pagebluk dianggap bakal terjadi perubahan besar di dunia. Entah apa ujudnya.

Mbuh. Kita diberi pendengaran, dikasih penglihatan dan hati oleh Tuhan sebagai penyaksi perubahan dimaksud. Lebih jauh lagi, wabah itu sendiri sesungguhnya hanya ujian-Nya dengan maksud mengingatkan manusia bahwa: “Tuhan itu Ada”.

Begitulah poin inti atau hakiki peristiwa pada bulan Rabiul Awal, yang secara Masehi ya tanggal 10 November, Hari Pahlawan, seperti yang kau tanyakan itu, bro ..

Usai kirim SMS. Eh, tampaknya kawan gak sabar SMS-an, ia langsung telpon. Tak angkat.

“Hallo, lantas apa kaitan antara wabah, peristiwa besar/pergantian masa dengan TUHAN ITU ADA di bulan Rabiul Awal?” Kawan nyerocos di kejauhan.

“Hahaha ..!” Saya ketawa melihat rasa ingin tahunya.

“Gini, bro! Adanya peristiwa besar di Rabiul Awal itu sudah qodrat dan irodat-Nya. Jangan didiskusikan lagi, misalnya, kelahiran nabi, atau serangan tentara gajah.

Sejarah berulang dengan pola yang sama hanya aktor, waktu dan kemasan berbeda. History repeats itself. Buktinya mana? Lho, tanggal 10 Nopember 1945 tempo doeloe juga terjadi peristiwa super dahsyat. Belanda yang diback up sekutu mau balik njajah Indonesia ternyata balik pulang, tak mampu mengalahkan arek-arek Suroboyo yang berbekal senjata pampasan dari Jepang. Bayangkan, pemenang Perang Dunia II, lho? Malah dua jenderalnya tewas di Suroboyo. Dan itu terjadi pada bulan November alias Rabiul Awal. Jelas, yo?

Tiba-tiba, “Pet!”, wadow batereiku habis. Wah, kebetulan ..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here