Dalam optimasi website ada dua faktor utama SEO. Pertama adalah SEO On Page (ini akan kita jelaskan secara terpisah). Kedua adalah SEO Off Page ― ini menjadi materi pembahasan kali ini.

Para SEO Expert tahu persis bahwa; kualitas dari stategi SEO Off-Page memegang peranan penting untuk peringkat website.

Apa Itu SEO?

SEO secara sederhana dikenal sebagai strategi untuk membuat website berada di halaman satu Google. Jadi, tidak ada SEO yang berbicara untuk berada dihalaman dua apalagi tiga. Kenapa cuma Google yang disebut? Karena, pencapaian peringkat tersebut secara otomatis juga akan terjadi pada mesin pencari lain.

Apa Itu SEO On Page Dan SEO Off Page?

Materi utama kita saat ini secara spesifik membahas tentang SEO Off Page. Dan ini akan terjawab secara tuntas. Sementara, SEO On Pagesecara sederhana bisa disebut praktik mengoptimalkan setiap halaman web untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi. On-page mengacu pada konten dan kode sumber HTML suatu halaman yang dapat dioptimalkan, berbeda dengan SEO off-page yang merujuk pada tautan dan sinyal eksternal lainnya.

Apa Manfaat SEO Off Page?

SEO Off Page adalah bagian dari strategi SEO itu sendiri. Jadi sudah jelas, manfaatnya adalah untuk menyempurnakan langkah-langkah SEO pada suatu website. Logikanya, jika dua website berbeda telah menerapkan strategi SEO On Page dengan kualitas sama, maka peringkat akan ditentukan seberapa hebat tehnik SEO Off Page nya. Teruslah membaca, Anda akan benar-benar melihat manfaatnya.

Apa Saja Komponen Atau Faktor Penentu SEO Off Page?

Faktor komponen SEO Off Page sebenarnya adalah faktor eksternal. Inbound link (Backlink) disebut sebagai faktor utama dan paling penting. Tapi ini tidak pernah baku, karena sangat mengikuti perubahan algoritma mesin pencari.

Tapi, beberapa diantaranya dapat diklasifikasikan seperti; Backlink anchor text, Backlink, teks tag alt, Konten halaman di sekitar backlink, Konten website yang menjadi sumber backlin, Sinyal sosial etc.

Bagaimana Cara Menerapkan SEO Off Page?

Bagaimana cara menerapkan SEO Off Page? Ini adalah pertanyaaan dengan jawaban bernilai ribuan dollar. Namun pemahaman dari faktor-faktor atau komponen, langkah-langkah yang akan disampaikan berikut ini, akan menjawab itu semua. Namun, harus berhati-hati, karena ini sangat dekat dengan Black Hat SEO. :) Jadi, main cantik sajalah..

Dan ada banyak strategi Soft dan cukup bersih dalam menerapkan SEO Off Page! Mari kita mulai..

SEO Off Page Itu Diluar Jangkauan!

SEO Off Page biasanya dilakukan oleh para web master atau SEO Expert! Jadi bagi yang baru mengenal website dan atau dunia pemasaran internet, “SEO off-page” adalah tidak masuk akal sama sekali.

Bagaimana tidak, seluruh komponen dan faktor-faktor yang menjadi point penting, semuanya murni berada di bagian eksternal website. Berada diluar kendali Anda! Begitulah faktanya. Jadi, jangan patah semangat!

Teruslah membaca, karena ada fakta lain! Bahwa, beberapa orang telah sukses melakukan strategi SEO Off Page. Dan mereguk keuntungan dari itu. Artinya, Anda pun dapat melakukannya.

SEO Off Page Itu Diluar Situs?

Sesuai dengan istilahnya, SEO of Page! Jadi itu bekerja diluar situs Anda. Berupa teknik optimasi yang dapat meningkatkan peringkat Anda di halaman hasil mesin pencari (SERP). Melibatkan strategi untuk mendapat backlink dari website lain, berbagi di media sosial, dan intinya menyebut tentang keberadaan website Anda.

SEO Off-page sangat berharga. Karena, memberi tahu mesin pencari bahwa situs Anda penting bagi orang lain. Dan itu dibuktikan melalui banyak di bicarakan oleh web atau media lain.

Setiap tautan yang Anda terima, bertindak sebagai dukungan dari sumber lain. Bahwa situs Anda berkualitas.

Analogi SEO Off Page

Gambaran sederhananya, hanya website pentinglah yang dibicarakan oleh banyak website lain. Dan analoginya, hanya orang-orang penting dan berkualitas lah yang banyak dibicarakan oleh publik.

Jika Anda biasa-biasa saja, tidak memiliki kualitas, tidak memberi sesuatu yang bermanfaat, tidak ada sesuatu apa pun, maka secara otomatis Anda akan terpinggirkan. Tidak akan ada yang berbicara atau memberi rekomendasi pada Anda.

Dalam kehidupan sosial, Anda akan berada di peringkat paling bawah.

Eksistensi website, bekerja menyerupai sistem kehidupan sosial manusia. Jadi, Anda harus membuat website yang luar biasa; penting, berkualitas, memberi manfaat, dan ada sesuatu yang lebih. Sehingga layak dibicarakan banyak orang

Point penting dari strategi SEO Off Page adalah; tentang bagaimana Anda dapat dibicarakan/direkomendasikan banyak orang titik!

Anda harus melakukan sesuatu! Anda bisa melakukan hal-hal baik, cari perhatian, menempatkan diri di posisi yang terlihat, intervensi, lobi, negosiasi, memaksa, membayar atau lain sebagainya. Intinya, Anda kemudian menjadi pembicaraan dan mendapat semacam rekomendasi. Bahwa Anda adalah sesuatu! Bahwa Anda ada di dunia ini!

Sederhana bukan?

Dan dalam dunia digital, itu berlaku sama! Ketika sebuah website dibicarakan/direkomendasikan banyak web lain, dalam bentuk signal tautan (disini kita sebut backlink), maka web tersebut akan dianggap penting oleh algoritma mesin pencari. Dengan begitu, maka akan mendapat peringkat lebih tinggi. Yang menjadi penentu posisi pada halaman hasil mesin pencari (SERP).

Contoh Gambaran SEO Off Page;

Sebagai contoh, katakanlah bahwa; Perusahaan A memiliki website yang telah melakukan SEO on-page. Setiap halaman dioptimalkan untuk kata kunci, dan kode back-end termasuk tag yang sesuai, judul halaman, dan banyak lagi.

Perusahaan B juga menggunakan SEO on-page yang sama sempurnanya. Namun, situs berita populer telah terhubung ke blognya, ia memiliki akun media sosial yang aktif, dan CEO-nya telah ditampilkan sebagai pakar dalam industri ini oleh website lain.

Ketika mesin pencari merayapi situs Perusahaan A, itu akan mencatat SEO on-page, tetapi juga mencatat bahwa SEO off-page buruk.

Perusahaan B, dengan ekstensi, akan mendapatkan tempat yang lebih tinggi dalam peringkat mesin pencari dengan banyak backlink, merek yang disebutkan, media sosial, publisitas, dan banyak lagi.

Jadi, sekarang Anda bisa tebak, situs mana yang akan berada di halaman terbaik mesin pencari.

Dan itulah yang membuat SEO Off Page penting untuk setiap website.

Jenis Backlink Untuk SEO Off Page

Jadi, SEO Off Page itu adalah tentang signal dalam bentuk backlink!

Tautan adalah komponen penting untuk SEO Off Page. Sebelum Anda mulai membangun atau mendapatkan backlink, penting untuk memahami berbagai jenis tautan, serta faktor-faktor yang memengaruhi ekuitas tautan ke website Anda.

Ada tiga jenis tautan, dan itu meliputi;

· TAUTAN ALAMI

Sesuai dengan namanya, tautan alami atau natural links. Ini terjadi dan datang ke website Anda secara alami.

Tim Anda tidak melakukan tindakan apa pun untuk mendapatkan tautan. Orang yang menulis konten memutuskan untuk menautkan ke konten Anda. Ini bisa terjadi, apakah karena mereka mengikuti merek Anda atau menemukan konten Anda melalui pencarian. Dan itu dianggap sangat penting!

Untuk mendapatkan tautan alami, hal yang harus dilakukan adalah; Anda membuat konten yang sangat penting dan layak dijadikan sumber refrensi atau sejenisnya.

· LINKS BUILDING / Membangun Link

Jenis tautan yang didapat dari strategi Links Building, terjadi karena upaya dari pihak Anda. Melalui berbagai cara.

Seperti; Tim Anda berupaya mendapatkan jenis tautan ini dengan cara, baik dengan menjangkau webmaster, publisher, atau jurnalis. Anda mungkin bahkan mempromosikan konten dengan kampanye iklan, menyediakannya dengan ulasan yang mempromosikan website Anda. Dan tentunya, telah disisipkan link yang mengarah ke situs Anda.

Meskipun Anda membuat tautan ini, Anda harus membuat konten yang berharga untuk pengguna.

· CREATED LINKS

Tautan yang dibuat datang ke website Anda dari pengiriman mandiri pada direktori, forum, atau siaran pers.

Tim Anda membuat tautan ini dengan sengaja. Taktik untuk membangun tautan jenis ini cenderung menjurus pada praktik SEO black hat. Karena, mesin pencari memandang rendah taktik pembuatan tautan semacam ini.

Saat membangun tautan, fokuslah pada tautan alami atau buatan yang dimungkinkan dinilai alami oleh algoritma mesin pencari.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here