Bacasaja.net – Sampai saat ini menurut saya Blogger adalah platform yang paling pas dan nyaman untuk digunakan. Ada banyak fitur – fitur yang ada pada dashboard blogger, yang tentunya sangat mudah untuk dimengerti. Oleh sebab itu, banyak para blogger di Indonesia yang menggunakan platform yang satu ini.

Saya beberapa waktu lalu memang masih penasaran apa saja kelebihan platform tersebut, setelah saya pelajari secara teliti, ternyata banyak sekali fitur – fitur di dalamnya yang lebih lengkap dan mudah untuk dipahami.

Bicara soal kelebihan Blogger, sebenarnya platform ini milik Google yang tidak kalah dengan platform lain seperti, WordPress, Weebly, dan masih banyak lagi. Baik dari sisi fitur yang ditawarkan atau dari sisi SEO.

Ada yang berpendapat bahwa WordPress lebih SEO daripada Blogger, menurut Saya itu tidak selalu benar, karena penilaian sebuah blog baik di mata Google atau tidak, bukan hanya karena hostingan yang mereka pakai. Walaupun Blogger merupakan hostingan gratis, tapi lihat up time nya…. Jarang sekali down!

Kelebihan Blogger Dibanding Platform Lain

Berikut ini beberapa keuntungan jika Anda menggunakan Blogger dibanding dengan platform lainnya:

1. Gratis

Inilah salah satu kelebihan Blogger yang paling Oke.. hihihi.. siapa yang tak suka barang gratis.

Tetapi kita juga jangan sembarangan menggunakan fasilitas gratis ini, mentang-mentang gratis lalu kita buat konten yang tidak karuan dan menjerumuskan, usahakan untuk selalu membuat artikel berkualitas.

Kalau suatu saat konten kita bermasalah, bisa saja Blogger menghapus sepihak blog kita (biasanya ada email pendahuluan tentang apa saja yang harus diperbaiki). Itu yang kadang-kadang bikin sesak dada.

Sedikit saran, back up konten secara berkala untuk menghindari hal buruk ini terjadi, jika ada email dari Google tentang beberapa konten yang melanggar, sebaiknya perbaiki segera.

2. No Limit Disk Space

Keunggulan blogger selanjutnya adalah Anda dapat disk space yang unlimited. Mau puluhan ribu artikel Anda tulis dalam satu blog, Blogger tetap kuat menampung seluruh artikel dan ribuan gambar-gambar yang ada pada postingan Anda.

Bayangkan kalau Anda sewa hosting yang ada batas limit disk space-nya, untuk menambah artikel selanjutnya Anda harus upgrade lagi ke paket yang lebih tinggi speknya, yang pasti keluar duit lagi,

3. Unlimited Bandwidth

Kalau Anda menyewa hosting yang speknya kurang bagus atau bandwidthnya terbatas, terkadang kalau ada sampai 1.000 lebih user yang online berbarengan, blog bisa down.

Selain itu, kalau bandwidth Anda dibatasi, jika sudah limit maka Anda akan dapat pesan “Bandwidth Limit Exceeded” dan blog juga tidak bisa diakses, dimana kedua hal tersebut bisa menurunkan ranking blog Anda di mata search engine.

Namun itu tidak berlaku kalau Anda menyewa paket hosting atau dedicated server yang lebih bonafide, tetapi harga sewanya juga lebih mahal pasti. Oleh karena itu pengguna WordPress akan mengupgrade hosting mereka seiring meningkatnya traffic di web.

Untung Anda memakai Blogger! Hal yang diceritakan di atas tidak akan terjadi, walaupun user yang online mencapai puluhan ribu. Karena Blogger tidak membatasi bandwidth dan disk space.

Baca Juga: Menjadi Seorang Blogger Yang Presisi

4. Fitur Cukup Lengkap

Kelebihan Blogger selanjutnya adalah memiliki fitur yang cukup lengkap. Beberapa layanan gratis yang ditawarkan Blogger sebenarnya sudah cukup untuk membuat blog yang professional maupun personal.

Berikut beberapa keuntungan menggunakan Blogger dari segi layanan atau fitur:

Menyediakan Domain Bawaan yang Powerful

Kalau Anda membuat blog baru, Anda akan ditawarkan untuk memilih nama subdomain dengan akhiran .blogspot.com, dikemudian hari subdomain ini bisa di custom ke TLD (Top Level Domain).

Sebenarnya subdomain ini sangat powerful untuk bersaing di SERP, asalkan di dukung teknik SEO yang mumpuni dan konten yang berkualitas.

Custom Domain

Menurut Saya, ini adalah kelebihan Blogger yang tidak dimiliki platform blogging lainnya. Untuk custom domain ke TLD (mengganti subdomain blogspot ke .com .net dll), Blogger tidak mematok harga atau berbayar. Kalau Anda pake WordPress.com atau layanan blogging platform lainnya, Anda harus bayar untuk bisa custom domain ini.

Sekalipun gratis, beberapa fitur akan dibatasi. Lain halnya dengan Blogger, tak ada tingkatan fasilitas antara berbayar dan gratis, semua fitur bisa diakses, karena Blogger memang tidak memiliki layanan berbayar.

SSL Gratis

Tahun 2018 lalu, Blogger menawarkan fitur SSL (Secure Socket Layer) gratis. SSL adalah lapisan keamanan untuk melindungi transaksi di website Anda dengan teknologi enkripsi data yang canggih. Antara pengguna SSL dan Non SSL, bedanya terletak di alamat web, kalau SSL depannya “https” dan terdapat lambang “gembok hijau (Green Padlock),” sedangkan non SSL “http.” Selain membuat blog Anda lebih aman, memasang SSL juga bagus dari segi SEO.

Baca Juga: Polresta Tangerang Berprestasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here