Bacasaja.net – Pendiri Alibaba dan Ant Group Jack Ma telah kehilangan gelar sebagai orang terkaya di negara China. Sebelumnya gelar tersebut telah dipegang selama dua tahun berturut – turut.

Ma dan keluarganya telah memegang posisi teratas untuk orang terkaya di Cina dalam Daftar Orang Terkaya Global Hurun pada 2020 dan 2019. Namun, tahun ini dia berada di posisi keempat.    Nama Ma berada di belakang pembuat air minum kemasan Zhong Shanshan dari Nongfu Spring, Pony Ma dari Tencent Holding, dan perusahaan e-commerce Collin Huang yang baru berdiri di Pinduoduo.

Orang terkaya China 2021 dipegang oleh , Zhong. Dia berhasil membuat posisi teratas sebagian besar berkat kinerja harga saham Nongfu Spring dan pembuat vaksin Beijing Wantai Biological Pharmacy Enterprise.   Menurut laporan Hurun pada Selasa (2/3), kejatuhannya dari tiga besar terjadi setelah regulator China mengekang Ant Group dan Alibaba karena masalah anti-trust.

Baca Juga:  Pelayanan Publik Polda Jatim

Nasib Ma tersebut dipicu oleh pidatonya pada 24 Oktober. Dia mengecam sistem peraturan China, yang menyebabkan penangguhan IPO Grup Ant senilai 37 miliar dolar AS hanya beberapa hari sebelum go public.   Regulator sejak itu memperketat pengawasan anti-trust di sektor teknologi negara, dengan Alibaba yang mengambil banyak tekanan.

Regulator pasar pun meluncurkan penyelidikan anti-trust resmi ke Alibaba bulan Desember tahun lalu.    Regulator Cina juga mulai memperketat cengkeraman di sektor fintech. Beijing telah meminta Ant untuk melipat beberapa bisnisnya menjadi perusahaan induk keuangan untuk diatur seperti perusahaan keuangan tradisional.

Baca Juga: Antusias Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Polda Jatim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here