Bacasaja.net – Makanan khas dengan cita rasa yang bermacam – macam menjadikan setiap orang ingin mencobanya. Salah satu rasa khas jajanan dan makanan yang mempunyai rasa manis yaitu Kota Solo. Ya, Kota Solo yang dikenal dengan banyak makanan yang membuat lidah ingin terus menyantapnya.

Ada sejumlah jajanan khas Solo yang bercita rasa manis dan selalu dicari wisatawan. Rasanya yang manis tentu cocok untuk dijadikan takjil untuk berbuka puasa. Berikut ini kami sajikan beberapa makanan yang menjadi rekomendasi para wisatawan ketika berkunjung ke Kota Solo:

1. Lenjongan

Lenjongan merupakan jajanan pasar khas Solo yang mayoritas terbuat dari singkong. Mulai dari getuk, tiwul, cenil, klepon, ketan hitam, jagung, dan sebagainya. Jajanan tersebut kemudian ditaburi parutan kelapa dan gula jawa.

2. Es dawet telasih

Es dawet telasih sangat terkenal di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Pasar Gede. Kuliner yang satu ini berisi bubur ketan hitam, bubur sumsum, tape ketan, biji telasih, dan cendol. Es dawet telasih tidak menggunakan gula aren, sehingga kuahnya berwarna putih, tak seperti dawet pada umumnya.

3. Es gempol pleret

Es gempol pleret berisi gempol yang terbuat dari gempol dan pleret yang terbuat dari tepung beras. Gempol berbentuk bulat dengan rasa gurih, sedangkan pleret memiliki bentuk pipih memanjang dengan rasa manis. Kedua bahan tersebut kemudian disiram dengan santan dan es serut yang segar.

4. Tahok

Terbuat dari kedelai, tahok merupakan hidangan khas yang menyerupai tahu yang berwarna putih. Seporsi tahok dihidangkan bersama kuah manis yang terbuat dari gula dan jahe. Tahok bisa ditemukan di kawasan Pasar Gede.

5. Wedang asle

Wedang asle merupakan minuman hangat bercita rasa manis. Minuman ini berisi potongan agar-agar, roti tawar, ketan, dan disajikan dengan kuah santan manis. Wedang asle sering dijajakan di kawasan Stadion Manahan mulai sore hingga malam hari.

Baca Juga: Kemah Sehat Kwarda Jawa Timur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here