Bacasaja.net – Bulan puasa yang akan datang beberapa minggu lagi, membawa suasana yang beda dalam aktvitas masyarakat. Tentunya saat bulan puasa, semua masyarakat beragama muslim berbondong – bondong untuk mencari menu makanan dan minuman untuk buka puasa.

Minuman dingin atau es rasanya hampir tidak pernah absen saat berbuka puasa. Selain menyegarkan, es juga jadi favorit semua kalangan dan punya banyak variasi di setiap daerah. Satu di antaranya es di Bali.

Ada banyak minuman segar khas Bali yang cocok untuk lepas dahaga saat berbuka puasa.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ragam es khas Bali untuk menu buka puasa Ramadhan.

1. Es Tambring

Es tambring termasuk satu di antara minuman khas Bali yang terbilang sangat unik. Hal ini lantaran bahan baku es tambring memang tidak biasa yaitu menggunakan putih telur ayam kampung. Putih terlur ayam tersebut kemudian dicampur dengan gula jawa dan asam untuk dijadikan sirup. Setelah itu baruah sirup disajikan bersama es batu dan serutan kelapa muda.

Meski menggunakan telur, es tembring itidak amis sama sekali dan menyegarka jadi sangat cocok untuk menu buka puasa.

2. Es Kuwut

Es Kuwut, Minuman Khas Bali (Instagram/@dapoer_dipa)

Berbicara soal es kuwut, rasra-sanya minuman khas Bali satu ini sudah cukup populer apalagi saat Ramadan tiba.

Es kuwut ini bisa dibilang sebagai es campurnya Bali karena punya isian yang komplit. Biasanya, es kuwut terdiri dari serutan kelapa muda, melon serta biji selasih. Rasa es kuwut juga sangat menyegarkan kerena menggunakan racikan air kelapa yang dicampur sirup melon dan perasan jeruk nipis.

Baca Juga: Pecel Semanggi Makanan Khas Kota Surabaya

3. Es Daluman

Es daluman adalah sebutan untuk es cincau hijau khas Pulau Dewata, Bali. Es daluman ini kerap diburu untuk menu buka puasa karena menyegarkan dan memiliki tekstur cincau yang lembut dan kenyal. Biasanya cincau hijau pada es daluman disajikan bersama kombinasi santan dan saus gula merah. Es daluman ini dipercaya memperlancar pencernaan karena punya banyak kandungan gizi dan serat.

4. Es Bir

Jangan dulu kaget saat membaca namanya, meski punya nama es bir, minuman khas Bali ini halal loh. Es bir sendiri merupakan sebutan untuk es kelapa khas Bali. Jadi kamu tidak perlu khawatir, karena es bir ini tidak mengandung campuran bir atau alkohol sama sekali. Berbeda dengan es kelapa lainnya, es bir ini diberi tambahan berupa air perasan jeruk nipis. Jadi ada sedikit cita rasa asam yang akan membuat es bir semakin segar apalagi saat untuk berbuka puasa.

Baca Juga: Jajanan Khas Kota Solo Yang Bercita Rasa Manis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here