8 Pengajian banyuwngi revolusi mentalTribratanewsJatim.com: Gema tahlil berkumandang di mushola Polsek Wongsorejo – Polres Banyuwangi, Minggu (8/11/2015). Sejumlah anggota disertai ibu bhayangkari terlihat khusuk mengikuti pengajian pagi itu. Tak terkecuali Kapolsek Wongsorejo AKP Mulyono yang duduk bersila mengenakan peci hitam lengkap dengan seragam dinasnya.

KH Badrus Sholeh didaulat sebagai penyegar rohani dalam pengajian itu. Tausyiah agamanya terus meluncur seolah tak terbendung. Umumnya mengajak para polisi agar tetap ingat dengan Sang Maha Pencipta.

Di Polsek Sempu, Kapolsek AKP Jaenur Kholik bersama para anggota plus ibu bhayangkari juga menggelar acara serupa. Mereka duduk melikari ruang rapat yang sementara disulap menjadi ruang pengajian.

Para personil polisi beserta istri terlihat serius membaca ayat-ayat serta doa penentram hati. Mereka larut dalam pengobatan kalbu yang diiringi lantunan kitab suci.

Di Muncar, Kompol Agus Dwi Jatmiko mengikuti Istighosah Annadiyah di Masjid Baitur Rahman Desa Kumendung. Kapolsek Muncar itu juga duduk bersila bersama para tokoh agama di emperan masjid untuk melantunkan puji-pujian pada Sang Pencipta.

Mulai sekarang jangan heran bila menemukan acara pengajian yang digelar sejumlah Polsek di jajaran Polres Banyuwangi. Karena itu menjadi intruksi khusus Kapolres Banyuwangi AKBP Bastoni Purnama, Senin (2/11/2015) lalu.

Menurut Kasubaghumas AKP Subandi, kegiatan itu dalam rangka revolusi mental para anggota berserta keluarga agar tetap satu visi dan satu hati dalam menjalankan tugas negara. Mengingat tugas polisi tidak ringan seperti banyak dibayangkan sejumlah kalangan.

“Penegak hukum mesti taat hukum. Biar tidak melenceng hati harus selalu diingatkan. Pembacaan kode etik kepolisian serta Tri Brata Kepolisian tiap kali apel saja belum cukup. Karena hati itu selalu berubah atas perintah pikiran. Untuk itulah, perlu adanya siraman rohani menjadi penting untuk membentengi hati penegak hukum agar bekerja sesuai koridor hukum,” ujarnya.

Tidak hanya Polsek Sempu, Wongsorejo dan Muncar saja yang telah melakukan kegiatan serupa. Jajaran lain malah lebih dulu menggelarnya. Misalnya Polsek Giri. (bwi/mbah heru)