10 NopemnberTribratanewsJatim.com: Tradisi setiap tahun, Hari Pahlawan 10 Nopember diperingatan di seluruh Indonesia, baik di instansi pemerintah maupun swasta dan bahkan di sekolah sekolah. Tanpa terkecuali, di Mapolda Jatim juga menggelar apel Hari Pahlawan 10 Nopember 2015. Tema Hari Pahlawan kali ini “ Semangat Kepahlawanan Adalah Jiwa Ragaku”. Pada apel tersebut bertindak selaku Inspektur upacara (Irup) Irwasda Polda Jatim, Kombes Jamaludin.

Makna tema tersebut untuk menginternalisasi jiwa semua anak bangsa , agar nilai nilai kepahlawanan terpatri dan merasuk ke dalam sanubari yang paling dalam untuk meneladani sifat sifat kepahlawanan, yakni rela berkorban tanpa pamrih, bekerja keras, jujur, berani demi kebenaran serta patriotik.

20151110_073115Dihadapan peserta apel, Kombes Jamaludin diantarnya mengatakan, peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember memiliki makna khusus karena bertepatan denan HUT Kemerdekaan RI ke 70. Peringatan Hari Pahlawan dapat dijadikan sebagai cermin atau refleksi tentang pengorbanan, keteladanan dan keteguhan untuk menghapai harapan masa depan dengan terus bekerja dan bekerja dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera sebagai cita cita perjuangan bangsa.

20151110_073236Peringatan Hari Pahlawan difokuskan untuk membangun kesadaran dan ingatan kolektif seluruh bangsa Indonesia sebagai representasi pengakuan, penghormatan dan penghargaan dari nilai nilai kejuangan untuk diimplementasikan dalam kehidupan bernegara pada waktu kini dan akan datang.Dimikian dikatakan Irwasda membacakan sambutan Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa. (jacky/mbah heru)

Foto: Apel Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember di Mapolda Jatim