20 tipu PNS kediriTribratranewsjatim.com: Penipuan dengan iming-imingi masuk menjadi pegawai Negeri Sipil (PNS), kembali terjadi di wilayah hukum Polres Kediri Kota. Kali ini korbannya Dwi Pramono, warga Desa/ Kecamatan Papar Kabupaten Kediri.

Kejadian itu bermula, saat Dwi dikenalkan oleh Suraji, warga Desa/Kecamatan Papar Kabupaten Kediri,  kepada Djoko yang kenal dengan pelaku Dian Maretina, warga Perum Cipondoh Makmur Tangerang Jawa Barat, yang bisa membantu anaknya Dwi untuk bisa masuk menjadi PNS.

Sebelumnya, Dian mengatakan, biaya masuk PNS dibayarkan apabila sudah diterima menjadi PNS, tetapi saat proses berjalan Dian meminta kepada Dwi yang harus membayar sebesar Rp. 150.000.000.

Setelah terjadi kesepakatan pada Kamis, 2 Oktober 2014, Dwi mentransfer uang sebesar Rp.90.000.000 ke Nomer Rekening Dian Maretina Eko Rini.

Kemudian, pada Senin, 29 Desember 2014, Dwi kembali mnetransfer uang sebesar Rp.60.000.000 ke No Rekening yang sama, di sebuah Bank di Jalan Diponegoro Kota Kediri.

Tetapi setelah ditunggu sampai saat dilaporkan Dwi tidak juga diterima menjadi PNS dan setelah diminta uangnya kembali oleh Dwi, ternyata Dian hanya janji janji saja.

Atas kejadian tersebut, korban lapor ke Polres Kediri Kota guna proses lebih lanjut. Kasubag Humas Polres Kediri Kota AKP Anwar Iskandar mengatakan, pihak kepolisian sebenarnya sudah berulangkali menghimbau pada masyarakat, agar tidak mudah percaya dengan janji-janji yang ujung-ujungnya meminta uang. Seharusnya, dilakukan pengecekan terlebih dahulu pada instansi terkait. (kdr/mbah heru)

Foto: tersangka