26 JKTribratanewsJatim.com: Kegiatan International Conference of Islamic Scholars (ICIS) 2015 yang digelar di Kampus UIN Maliki Kota Malang, Jawa Timur secara resmi ditutup oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, Rabu (25/11/2015) pagi ini, Dalam sambutannya, JK begitu mengapresiasi kegiatan ini. Dia begitu berharap Islam Rahmatan Lilalamin benar-benar dapat diterapkan dan terserap dengan baik di masyarakat. “Islam Rahmatan Lilalamin bisa menjadi kunci perdamaian dunia di masa mendatang,” kata JK.

Wapres menilai, kericuhan yang terjadi di beberapa negara diakibatkan adanya rasa ketidak puasan rakyat terhadap kinerja dan kebijakan pemimpin. Selain itu, adanya ancaman kekerasan dan konflik internal, sehingga ┬ámenimbulkan kekecewaan dan kemarahan. “Akhirnya, rakyatnya berhijrah dari negaranya sendiri untuk mencari negara yang lebih aman,” ujarnya.

Belajar dari kasus tersebut, menurut JK, kedepannya rakyat harus bisa memilih pemimpin baik yang memikiki bekal agama yang baik dan sesuai syariat agama. Agar tidak ada kesalahpahaman dalam mengartikan ajaran Islam sebelumnya. Kesalah pahaman itulah yang menimbulkan kelompok-kelompok teroris.

“Pemimpin harus bisa bersifat terbuka. Artinya setiap ada konflik di negerinya pemimpin dapat menyelesaikan dengan cara berdiskusi dengan rakyatnya,” kata JK sembari berharap dengan kegiatan ICIS ini negara di dunia terutama Indonesia dapat menciptakan perdamaian. Agar tidak ada lagi konflik yang mengancam penduduk dunia, seperti ancaman teroris saat ini. (mlg/mbah heru)