8 Pam PilkadaTribratanewsJatim.com: Dalam rangka pengecekan personil yang melaksanakan Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS), Polrestabes Surabaya gelar apel pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan pemungutan suara pada Pilkada Kota Surabaya Tahun 2015.

Apel yang dilaksanakan sekitar pukul 15.00 Wib ini berlangsung di sepanjang Jalan Veteran depan Mapolrestabes Surabaya yang dihadiri oleh Forpinda Kota Surabaya dan Danrem 084 Bhaskara Jaya.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Drs Yan Fitri Halimansyah MH mengatakan, terima kasih kepada Pemeritah Kota Surabaya dan Jajaran anggota Korem Bhaskara Jaya yang senantiasa bekerja sama dalam menciptakan situasi kondusif, sehingga tahapan demi tahapan pemilukada di Kota Surabaya dapat berjalan lancar.

Hingga pada hari ini, masih berlangsung tahap masa tenang yang sudah dimulai sejak minggu dini hari (6/12/2015) yang dilaksanakan oleh Panwaslu dan KPU Kota Surabaya yang ditandai dengan penurunan Atribut Kampanye di Wilayah Kota Surabaya.

Pada tahap pemungutan suara nantinya diharapkan para personil pengamanan dapat melaksanakan tugas dengan profesional sebagai cerminan Bhayangkara Sejati yang mampu melaksanakan tugas secara maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan memberikan hak suaranya.

Pada Pemilukada Kota Surabaya kali ini, tercatat 3.952 TPS yang harus diamankan oleh 1.262 Personil Pam TPS, 907 Personil TNI dan 6.304 Personil Linmas. Adapun pola pengamanan yang diterapkan oleh Polrestabes Surabaya yaitu 2-5-10 dimana 2 Polri mengamankan 5 TPS dan dibantu oleh 10 Linmas.

Kapolrestabes berpesan kepada seluruh personil pengamanan agar menyiapkan mental dan fisik yang didasari oleh komitmen moral dan displin kinerja yang tinggi serta para personil diharapkan aktif dalam melakukan maping kerawanan dan potensi gangguan diwilayah masing-masing melalui koordinasi dengan pihak terkait sehingga potensi kerawanan dapat dengan segera diatasi.

Kepada Personil Polri agar menjaga Netralitas selama pengamanan pilkada dan memperkokoh kerjasama dengan masyarakat dan penyelenggara pemilu di wilayah masing-masing. dan Kepada Personil TNI agar dapat mempedomani Sapta Marga dan 8 Wajib TNI.

“Jadikan Pengamanan ini sebagai momentum untuk menyatukan tekad dan komitmen untuk mengawal, mengamankan dan mensukseskan Pilkada Kota Surabaya Tahun 2015 sehingga Surabaya bisa menjadi Kota yang makmur, aman, tentram dan berwibawa,” tandas Yan Fitri. (mbah heru)