Patroli Blue Light Sebelom Berangkat dilakukan Pengecekan Kendaraan Terlebih Dahulu di Mako Polrestabes
Patroli Blue Light Sebelom Berangkat dilakukan Pengecekan Kendaraan Terlebih Dahulu di Mako Polrestabes

Surabayaraya 1/2/2016 : Sukses dengan program Surabaya blue light yang merupakan Nawacita Presiden Jokowi, Kombespol Yan Fitri Halimasnyah yang saat ini menjabat sebagai Wakapolda Kepri (Kepulauan Riau), bakal menerapkan program tersebut di wilayahnya.

“Karena program Surabaya blue light, terbukti ampuh dalam menekan angka kriminalitas pada tahun 2015 di Surabaya khususnya kasus 3 Cepu (Curat, Curas dan Curanmor). Maka tidak ada salahnya, akan kami terapkan di tempat bertugas yang baru,” tegas Kombespol Yan Fitri Halimansyah, mantan Kapolrestabes Surabaya yang kini menjabat sebagai Wakapolda Kepulauan Riau saat dihubungi oleh tim redaksi Surabayaraya.com, Senin (01/02).

Patroli Blue Light saat Melaksanakan Patroli di Wilayah Hukum Polrestabes Surabaya
Patroli Blue Light saat Melaksanakan Patroli di Wilayah Hukum Polrestabes Surabaya

Surabaya blue light merupakan program patroli yang dilakukan oleh 3 unsur jajaran polrestabes Surabaya yakni Satuan Sabhara, Satuan Lalu Lintas, dan Satuan Pam Obvit. Patroli blue light sendiri, dimulai setelah apel malam pukul 20.00 WIB dan berakhir pada pukul 06.00 WIB.

Blue Light ini sendiri memiliki arti, bahwa polisi akan terus melakukan patroli dengan membirukan kota Surabaya pada saat masyarakat sedang beristirahat di malam hari. Birunya kota surabaya dari lampu mobil patroli polisi menjadi formula ampuh untuk mencegah pelaku kejahatan, beraksi pada jam-jam rawan khususnya pada malam hari.

Dari data indeks kejahatan di Surabaya pada tahun 2015, selama Kombspol Yan Fitri Halimansyah menjabat sebagai Kapolrestabes Surabaya, program Surabaya Blue light dicanangkan dan kasus 3C turun hingga 16 % dari data awal 1.122 laporan di tahun 2014, dan turun menjadi hanya 943 laporan di tahun 2015.

Sementara itu Kompol Lily Djafar Kasubbag Humas Polrestabes menyatakan, bahwa rencana Wakapolda Kepulauan Riau Kombespol Yan Fitri Halimansyah untuk menerapkan inovasi Surabaya Blue Light di tempat tugasnya yang baru, akan disambut baik oleh jajaran di Kepulauan Riau.

Menurutnya, Patroli Surabaya Blue Light memang selama ini dianggap cukup ampuh untuk menekan angka kriminalitas di Surabaya terutama pada malam hari. “Kami juga akan terus berbenah untuk menekan angka kriminalitas di Surabaya, dan kami juga berharap inovasi preventif ini, bisa menjadi formula ampuh untuk menekan angka kriminalitas di Kepulauan Riau”, tambahnya.***Ars

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here