29 simpul jember 1Tribratanewsjatim.com: Rutinitas jika setiap pagi dan sore personil Polri selalu ada di setiap simpang jalan raya. Tak terbatas waktu, baik panas, terik hujan maupun angin, dalam bisingan deru mesin dan knalpot.

Terilihat hiasan wajah letih dan lesuh, namun tetap pancarkan senyum kelembutan walau terlihat kaku. Tetap memberi salam walau terlihat sibuk maupun tetap menyapa walau terlihat acuh. Semua karena panggilan jiwa yang terpatri dalam semangat melayani sebagai insan Bhayangkara.

Begitulah realita setiap pagi di sepanjang jalan kawasan Tertib Lalau Lintas (KTL) dalam Kota Jember, Jawa Timur maupun jalan-jalan utama di Polsek jajaran. Ratusan personil kepolisian dari Polres dan Polsek jajaran sudah terlihat mengatur di simpul-simpul jalan raya. Mulai pukul 05.45 WIB hingga siang, terus berlanjut dari sore sampai malam tanpa pernah mengeluh walau kadang lelah merangkul. Tetapi tuntutan tugas telah menjadi komitmen untuk tetap mengabdi dan melayani masyarakat dengan hati selaras dengan program “Prol Tape” (polisi patroli setiap pagi dan sore).

Seperti pagi tadi, Senin (29/2/2016) saat masyarakat baru bersiap-siap beraktifitas ke kantor, ke perusahaan maupun mengantar putra dan putrinya ke sekolah, personil Polres Jember, baik bintara maupun perwira, baik yang berpakaian dinas maupun preman semua tampak sibuk mengatur, mengarahkan menghentikan arus lalu lintas bahkan sesekali menyeberangkan warga.

29 simpul jemberPemandangan ini terlihat di ruas-ruas jalan utama sepanjang Jl. Gajah Mada, Sudirman, Sultan Agung, Trunojoyo dan beberapa sekolah SD, SMP dan SMA yang berada di pinggir jalan raya dengan frekuensi arus lalu lintas padat. Tidak hanya di kawasan dalam Kota Jember tentunya, tetapi rutinitas serupa terlihat di simpul-simpul jalan utama di polsek jajaran.

Biasanya, Kapolres Jember AKBP M. Sabilul Alif, SH MSi selalu meluangkan waktu melakukan pengencekan dan kontrol di lapangan, namun hari ini kebetulan Kapolres melaksanakan tugas dinas di Polda Jatim, sehingga Kabagops Kompol Drs Kusen Hidayat melakukan pengecekan anggota di lapangan.

Namun demikian, anggota yang berdiri sejak pagi tidak pernah terpengaruh dengan ada maupun tidak adanya pimpinan Polres yang rutin melakukan kontrol dan pengecekan. Anggota tetap leluasa melaksanakan tugas. Sebab anggota menyadari tugas melayani di jalan raya adalah sebuah rutinitas kerja yang mencerminkan disiplin, kedasaran, dan dedikasi.

Kabagops Polres Jember Kompol Drs. Kusen Hidayat, SH, M.Psi ketika mengawasi dan mengontrol kegiatan penggelaran anggota di lapangan cukup mengapresiasi. Apresiasi ini pun disampaikan ketika memimpin apel pagi di halaman Mapolres Jember, Senin (29/2/2016) pukul 07.00 WIB.

Dikatakan bahwa tanpa diawasi dan diperintah sekalipun pun anggota sudah dapat melaksanakan tugasnya secara professional.  Kabagops bahkan memuji semangat anggota walaupun hari ini pimpinan Polres Jember (Kapolres) tidak sedang berada di tempat. Tetapi tetap menunjukkan dedikasi terhadap tugas serta mencerminkan loyalitas tinggi. Bahkan Kabagops mengajak agar kerja seperti itu supaya terus ditingkatkan, sebab melayani di jalan raya merupakan bagian dari rutinitas pekerjaan Polri yaitu melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat sejalan dengan Program Prol Tape (Polisi Patroli setiap pagi dan Sore). Sebab pada dasarnya Polri selalu ada dan hadir untuk melayani dengan hati. Tidak hanya di simpul jalan raya, tetapi di manapun Polri selalu siap. (jbr/mbah heru)