Bacasaja.net Demi kenyamanan masyarakat polrestabes surabaya terus melakukan inovasi dalam pelayanan, Tidak hanya kepada masyarakat umum, fasilitas untuk penyandang disabilitas juga disediakan.

Fasilitas pelayanan untuk disabiltas tersebut berada di gedung Sentra Peyalanan Kepolisian Terpadu (SPKT) dan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Tidak hanya di Polrestabes Surabaya saja, layanan untuk disabilitas juga terfasilitasi di Satpas Colombo dan di Polsek Lakarsantri.

Kasubbag Humas Polrestabes Surabaya Kompol M Akhyar mengatakan sesuai penghargaan yang diberikan pimpinan Polri, Polrestabes Surabaya mendapatkan penghargaan WBK (wilayah bebas dari korupsi) ditahun 2017 dan dilanjutkan mendapatkan predikat WBBM (wilayah birokrasi bersih dan melayani).

“Terkait program excelent dari Kapolri, Polrestabes Surabaya menyediakan sarana dan prasarana bagi difabel. Di gedung SPKT dan SKCK itu disiapkan kursi roda, termasuk parkir kendaraan khusus difabel disiapkan. Kemudian disiapkan khusus garis menuju toilet. Jadi jangan sekali masyarakat menggunakan itu,” ungkap Akhyar kepada detikcom, Senin (1/2/2021).

Akhyar menambahkan tidak hanya di Polrestabes Surabaya saja, di Polsek Lakarsantri juga telah disediakan untuk membantu memfasilitasi penyandang disabilitas untuk mendapatkan pelayanan dari Polri.

“Di Polsek Lakarsantri tempatnya luas agar difabel bisa terlayani dengan baik. Termasuk yang banyak dikunjungi oleh masyarakat yakni di unit lalu lintas di Satpas Colombo. Di situ disiapkan banyak petugas lalu lintas untuk melayani difabel, mulai kursi roda, kamar mandi sampai ke tempat praktiknya disediakan secara lengkap,” ujar Akhyar.

Akhyar menyampaikan selain Satpas Colombo dan Polsek Lakarsantri, ke depan pihaknya minta seluruh polsek di jajaran Polrestabes Surabaya untuk menyiapkan sarana dan prasarana untuk penyandang disabilitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here