Bacasaja.net – Negara Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak kekayaan, salah satunya yaitu kekayaan akan makanan khas daerah yang mempunyai rasa lezat dan enak.

Masing-masing daerah tentu memiliki kuliner khas tersendiri, begitu pula dengan Surabaya. Selain populer karena wisatanya, kelezatan aneka kuliner khas Surabaya ternyata juga patut diperhitungkan.

Jika memiliki kesempatan untuk pergi ke Surabaya, ada sejumlah kuliner khas yang harus kamu coba.

Berikut ini rekomendasi 7 kuliner khas Surabaya yang telah TribunTravel rangkum dari berbagai sumber.

1. Rujak Cingur

Membahas kuliner khas Surabaya, tentu tak luput dari sajian rujak. Ada satu warung rujak yang cukup spesial di Surabaya, yakni Rujak Cingur Achmad Jaiz. Warung legendaris ini sudah berdiri sejak tahun 1970. Soal rasa tak perlu diragukan lagi, warung ini selalu ramai pembeli dan cepat ludes.

2. Sate Klopo

Berburu kuliner legendaris di Surabaya, kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi sate klopo. Sesuai dengan namanya, sate klopo menggunakan kelapa dalam proses pembuatannya. Pada saat dibakar, daging sapi atau ayam dibaluri dengan bumbu kelapa parut yang gurih. Racikan tersebut membuat rasa daging sate berbeda dari yang lainya, tentunya semakin nikmat dan lezat

3. Lontong Balap

Sama seperti rujak cingur, lontong balap juga menggunakan bumbu yang terbuat dari petis. Bedanya, lontong balap memiliki kuah yang gurih dan ada tambahan lento. Jika ingin mencobanya, kamu bisa mencicipi sajian lontong balap di warung Pak Gendut yang legendaris.

4. Lontong Kupang

Selain lontong balap, kamu juga bisa menikmati lontong kupang. Diberi nama kupang karena merujuk pada pada jenis kerang berwarna coklat yang menjadi pelengkap hidangan ini. Sebelum disajikan di atas potongan lontong dan lentho yang disiram oleh kuah petis, kupang biasanya dimasak dengan bumbu rempah terlebih dahulu.

5. Rawon Setan

Rawon setan menjadi satu di antara banyak kuliner khas Surabaya yang paling diburu wisatawan. Terletak di tengah kota, membuat rumah makan rawon setan ini tak pernah sepi pengunjung. Soal rasa tak perlu diragukan lagi, daging rawon dan kuahnya yang khas selalu membuat para pengunjung ketagihan.

6. Sego Sambel

Bagi para pecinta pedas, mencicipi sajian sego sambel merupakan pilihan yang tepat. Jika ingin mencicipinya, kamu bisa berkujung ke Sego Sambel Mak Yeye di Jalan Jagir Wonokromo Wetan Nomor 10, Wonokromo, Surabaya.

Setiap malam, kuliner khas Surabaya ini selalu dipenuhi para pengunjung yang rela mengantri untuk menikmati kelezatan sego sambelnya. Nasi putih yang disajikan dengan sambal pedas dan aneka lauk sepeti ikan pari, telur dadar, tempe goreng menjadi hidangan yang cocok untuk memanjakan lidah.

7. Pecel Semanggi

Pecel kebanggaan masayarakat Surabaya ini berasal dari daerah Benowo. Berbeda dengan yang lainnya, pecel ini menggunakan daun semanggi dan kecambah. Bumbu pecelnya juga berbeda, terbuat dari campuran ketela rambat, kacang tanah, gula merah dan petis. Selain itu, tambahan kerupuk uli juga semakin membuat cita rasa pecel semakin istimewa.

Baca Juga: Jajanan Enak Khas Kota Solo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here