Bacasaja.net – Kandungan gizi terbaik sangat dibutuhkan oleh ibu hamil serta janin yang ada di dalam kandungannya. Oleh sebab itu, ibu hamil harus pandai memilih jenis makanan dengan kandungan nutrisi yang baik.

Salah satu makanan bergizi tinggi yang baik untuk kesehatan adalah rumput laut. Ya Moms, bahan yang sering kita temukan di dalam makanan Jepang, seperti sushi, ramen dan onigiri ini rupanya memiliki kandungan nutrisi yang tidak main-main untuk ibu hamil.

Beberapa nutrisi penting yang terkandung di dalam rumput laut adalah vitamin C, K, magnesium, kalsium, asam folat, asam lemak omega 3, zat besi, yodium, serat, mineral, hingga antioksidan yang tinggi. Semua nutrisi ini sangat penting untuk ibu hamil dan bayi di dalam kandungan.

Meski begitu, ibu hamil tetap harus memerhatikan jumlah konsumsi rumput laut selama kehamilan. Food Standards Australia and New Zealand menyarankan agar ibu hamil mengonsumsi rumput laut tidak lebih dari satu porsi dalam satu minggu untuk mendapatkan manfaat baiknya.

Lantas, apa saja manfaat rumput laut untuk ibu hamil?

6 Manfaat Rumput Laut Selama Kehamilan

1. Sumber yodium

Kekurangan yodium selama kehamilan dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan pada bayi baru lahir. Oleh sebab itu, penting bagi ibu untuk memastikan kecukupan kebutuhan yodium selama kehamilan. Mengonsumsi rumput laut dalam jumlah sedang selama kehamilan akan membantu memelihara fungsi tiroid dan metabolisme pada ibu hamil.

Es Rumput Laut. Foto: Shutterstock2. Mencegah penyakit

Rumput laut merupakan makanan sumber antioksidan yang tinggi. Ini dapat melindungi tubuh ibu hamil dari berbagai macam penyakit, terutama artritis, penyakit celiac, obesitas, asma, dan bahkan depresi selama kehamilan.

3. Mencegah kanker

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa rumput laut berpotensi bermanfaat dalam mendorong perkembangan normal organ seksual, sehingga mengurangi risiko kanker payudara pada ibu hamil.

4. Mencegah anemia

Anemia merupakan kondisi yang harus dihindari selama kehamilan. Oleh sebab itu, ibu hamil harus mencukupi kebutuhan zat besinya sehari-hari untuk membantu pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia. Rumput laut bisa menjadi pilihan karena merupakan makanan yang kaya zat besi dan vitamin C yang baik untuk ibu hamil.

5. Membantu perkembangan otak janin

Rumput laut juga merupakan sumber asam lemak omega 3 dan asam folat yang baik untuk ibu hamil. Kedua nutrisi ini berperan penting dalam membantu perkembangan saraf tubuh, otak, dan mata janin di dalam kandungan.

6. Melancarkan sistem pencernaan

Rumput laut mengandung serat tinggi yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Terlebih ibu hamil seringkali mengalami masalah pencernaan, seperti diare dan sembelit.

Baca Juga: Patung Presiden Soekarno di Meksiko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here