Bacasaja.net – Makan makanan yang mengandung banyak karbohidrat sangat dianjurkan untuk tubuh kita. Selain sebagai sumber tenaga, dapat sebagai makanan pengganti selain nasi.

Yang akan kita bahas kali ini ialah lebih banyak manfaat mana Singkong rebus atau Singkong kukus?

Untuk mempertahankan sifat rendah glisemik, mengolah singkong sebaiknya dengan cara merebus atau mengukus bukan memanggang atau menggoreng. Untuk mempertahankan sifat rendah glisemik, mengolah singkong sebaiknya dengan cara merebus atau mengukus bukan memanggang atau menggoreng. Singkong sendiri mengandung banyak serat.

Singkong mengandung 76 gram karbohidrat dan 320 kalori dalam 200 gramnya. Kandungan tersebut merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh dan meningkatkan stamina. Karbohidrat pada singkong akan dipecah menjadi glukosa sebagai sumber energi untuk sel tubuh manusia.

Selain itu, singkong memiliki vitamin B tinggi yang bertugas meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Singkong juga memiliki senyawa asam amino esensial dan serat yang baik bagi kesehatan.

Manfaat Singkong bagi Kesehatan

1. Menurunkan Berat Badan

Singkong sangat penting bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Singkong mengandung serat yang tinggi dan akan membuat Anda mudah kenyang dalam jangka waku yang lebih lama ketimbang memakan roti dan nasi.

Selain dapat menurunkan berat badan, singkong juga dapat melancarkan sistem pencernaan. Serat dalam singkong juga tidak larut dalam air, sehingga membantu penyerapan racun yang masuk ke dalam usus Anda dan mengeluarkannya sebagai tinja.

2. Mencegah Kanker

Singkong dipercaya dapat mencegah penyakin kronis seperti kanker. Kandungan B17 dalam singkong dapat membantu menstimulasi sel darah merah.

3. Baik untuk Mata

Singkong kaya akan vitamin A dan senyawa seperti beta karoten. Kandungan tersebut mampu meningkatkan kesehatan mata dan mencegah kebutaan atau penglihatan yang rabun.

4. Membantu Mengobati Rematik

Rematik adalah salah satu penyakit yang berkaitan dengan otot dan sendi. Anda bisa mengonsumsi singkong rebus ataupun daunnya yang kaya akan magnesium. Cara ini dipercaya efektif karena singkong memasok lebih dari sepertiga kebutuhan magnesium harian Anda.

5. Meningkatkan Energi dan Meingkatkan Fungsi Otak dan Saraf

Singkong rebus mengandung karbohidrat tinggi untuk meningkatkan energi. Selain itu, singkong akan meningkatkan kinerja otak karena mengandung 80 persen karbohidrat.

Di sisi lain, beberapa penelitian juga menyatakan singkong sangat penting untuk menyeimbangkan sistem saraf. Sehingga singkong dapat melawan stres, kecemasan atau depresi.

Baca Juga: Nutrisi Yang Didapat Ketika Makan Singkong

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here